Rabu, 16 Mei 2012

UNSUR-UNSUR PENUNJANG DALAM MENYEDIAAN WEBSITE


Berikut adalaha unsur-unsur dalam pembuatan website

1. Nama domain ( Domain nama/URL-Uniform Resourse Locator)
 Nama domain atau URL merupakan alamat unik didunia maya yang di pergunakan untuk mengindentifikasi sebuah website dengan kata lain domian nama adalah alamat yang di gunakan menentukana sebuah website pada dunia internet.  Nama domian dijual belikan secara bebas di internet dengan status sewa selama 1 tahun,bila pengguna lupa/tidak memperpanjang masa sewa maka nama domain itu akan di lepas lagi ketersediaanya untuk umum. Contoh nama domian ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws.  

2. Rumah tempat website ( Web hosting ).
Web hosting dapat diartikan sebagai ruangan untuk menyimpan data atau file-file, gambar, video, data emai, statistik, database dan lain-lain dan data tersebut akan tampil dalam website.  Besarnya data yang di masukkan tergantung dari berapa banyak web hosting yang di sewa/dipunyai  semakin besar web hostingnya maka akan semakin banyak juga yang akan ditampilkan dalam website.  Web hosting akan diperoleh dengan cara menyewa  setelah menyewa maka penggunak akan mendapatkan kontrol panel yang terproteksi dengan username dan password untuk administrasi webnya. Untuk penyewaan kira-kira lamanya 1 tahun.

3. Bahasa Program (Scripts Program)
Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website yang pada saat diakses. Jenis bahasa program sangat mentukan suatu web itu statis,dinamis/ interaktifnya. Semakin banyak ragam bahasa pemprograman yang di pergunakan maka semakin dimanis dan interaktif serta terlihat bagus. Bahasa program yang banyak dipakai para oleh  desainer website adalah HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets, XML, Ajax dsb. Bahasa dasar yang pergunakan setiap situs adalah HTML sedangkan PHP, ASP, JSP dan lainnya adalah bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis, dan interaktifnya situs. Bahasa program ASP, PHP, JSP atau lainnya bisa dibuat sendiri. Bahasa program ini dipergunakan untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi, email, mailing list dan lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat.

4. Desain Website
 Setelah melakukan penyewaan domain dan web hosting serta penguasaan bahasa program , unsur website yang penting dan utama adalah desain. Desain Website menentukan kualitas sarta ke indahan dari website itu karena sangat berpengaruh terhadap penilaian dari pengunjung website. Program-program untuk desain website salah satunya adalah Macromedia Firework, Adobe Photoshop, Adobe Dreamweaver, Microsoft Frontpage, dll.

5. Program transfer data ke pusat data.
 Berbagai bahasa program, data informasi teks, gambar, video, dan suara telah menjadi file-file pendukung adanya website. File tersebut bisa dibuka menggunakan program penjelajah (browser) sehingga akan  terlihatlah sebuah website utuh di dalam komputer sendiri (offline). Tetapi file-file tersebut perlu untuk diletakkan dirumah hosting versi online agar terakses ke seluruh dunia. Pengguna akan diberikan akses FTP (File Transfer Protocol) setelah memesan sebuah web hosting untuk memindahkan file-file website ke pusat data web hosting. Untuk dapat menggunakan FTP diperlukan sebuah program FTP, misalnya WS FTP, Smart FTP, Cute FTP, dll. Program FTP ini banyak ditemui di internet dengan status penggunaan gratis maupun harus membayar. Para web designer pun dapat menggunakan fasilitas FTP yang terintegrasi dengan program pembuat website, misal Adobe Dreamweaver.

6. Publikasi website.
Publikasi situs di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya dengan pamlet-pamlet, selebaran, baliho dan lain-lain sebagainya tapi cara ini dikatakan masih kurang efektif dan sangat terbatas. Cara yang biasanya dilakukan dan paling efektif dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet melalui search engine-search engine (mesin pencari, spt : Yahoo, Google, MSN, Search Indonesia, dsb).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar